Fix Tepar – Keracunan Makanan

Kemarin hari Ultah ane. Kebayangkan bagaimana seorang gadis manis menghabiskan hari bahagianya bareng orang tersayang. Mungkin ada kejutan kue ultah mungkin. Boneka mungkin atau liburan dan noton bareng. Ya, itulah fantasi ane sebelum harus terbaring lemas dengan kucuran air mata menahan sakit yang bener-bener menusuk.

Pagi ane biasa-biasa aja sampe akhirnya perut ane kosong kerintak. Udah pada paduan suara ala orkestra bahahahah. Karena tetangga kost udah pada balik kamar ane gak enak kalau masak di kost, nanti malah listriknya turun. Maklum lha ya ane pake rice cooker buat masak :D.

Jadi ane nyari makanan diluar kost mumpung masih ada uang. Yup ane nyari yaang seger dan enak kalau di makan siang hari. Ane muter-muter dulu tuh nyari tempat makan yang rame. Karena di fikiran gua kalau tempatnya rame mesti banyak enak dan teruji kualitasnya.

Oke ane udah ketemu nama warungnya Warung Makan Mbok  P-N . Katanya distu rame dengan harga yang terjangkau. Oke ane nyoba deh beli ayam, tahu bakso, ama sayur kangkung.

Ane bungkus dan bawa pulang ke kost 😀 . Di jalanan ane inget di kost galonnya abis akhirnya ane beli es cin cam langganan ane sejak ngekost disana. Harganya murah, cincawnya asli dan gulanya bisa di atur sesuai keinginan sendiri.

Nyampe kost ane segera buka, lihat makanannya kayaknya enak nih. baca doa dulu sop biar aman. Minum cincawnya sebagai pembuka makanan. Terus nyamil ama tahu bakso yang rasanya agak ane sih beda banget kalo aku beli ama teman kerjaku yang enaknya bukan maen.

Tahu basonya itu kecing gitu dan rasa basonya kurang banget. Karena kurang cocok ama selera ane buang tuh tahu baso. Terus aku minum lagi es cincawnya sebagai penghilang rasa ane pada tahu baso itu.

Dan ane mulai cicipin tumis kangskungnya. Pertama ane nyicip enak dan karena enak aku nyicip ayamnya. Warna ayamnya agak kehitam-hitaman dan rasanya agak aneh. Bancin-bacin gitu rasanya ane terusin makan mungkin karena aku laper banget.

Selesai makan ane rasa agak ane diperut ane rasanya mual banget dan ane kebirit-birit karena ane pengen muntah. Habis muntah kepala ane pusing, badan ane gak enak banget sampe akhirnya ane demam.

Dihari yang bahagia itu ane haru merasakan demam yang bikin badan ane nyeri semua. Karena ane demam ane kepikiran buat kompres kepala ane yang mulai nyut-nyutan minta ampun.

Sambil berdoa dan memohon supaya ada orang yang bantu ane. Akhirnya aku bertahan mungkin ini panas biasa tapi lama kelamaan tambah parah. Muntahnya parah banget warnanya item dan perutku sakitnya minta ampun. Kepala makin berat dan suhu badanku tambah panas.

Dengan kondisi yang kian memburuk akhirnya ane gak bisa ngapain-ngapain lemas tak berdaya. Hanya menangis menahan sakit :(. Akhirnya ane sms cowok aku yang setia banget menemani aku. Dia dateng waktu jam 19.00 karena dia orangnya sibuk banget, mulai dari kuliah sampe kerja.

Dia ngerawat aku bersihin badan aku yang mulai dekil karena belum mandi terus bawa aku berobat. Tahu langsung mendapatkan perawatan jalur cepat karena udah gak tahan.

Menurut pemeriksaan dokter aku keracunan makanan. Ya ampun…aku syokk dan pamnik soanya pas hari itu aku cuma makan itu doang dan gak mungkin banget akhu keracuanan cincaw karena aku sering banget beli tuh cincaw dan aman-aman aja.

Pasti ini karena ayam yang aku beli itu. Karena rasanya agak bacin gitu mungkin ayam itu ayam tiren atau ayam yang udah basi dimasak kembali. Akhirnya aku mendapatkan perawatan tepat karena aku juga sigap menanganinya jadi aku gak harus opname.

Aku bagi tips untuk mengenali ayam tiren dan penanganannya sesuai dengan pengalam aku tempo hari.

  1. Walaupun udah digoreng tetap ada peurabahan warna dan bau.

Karena pada dasarnya mentahnya udah pucat otomatis kalau digoreng akan menghitam dan mesti berbau. Waktu itu aku tidak nyium baunya, tapi cuma merasakan rasanya. Dan rasanya itu bacin gak enak. Jadi jangan makan akalu udah terlanjur ke makan muntahin dan buang.

2. Kalau kamu mulai merasa mual, pusing, dan demam segara kamu ke dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Bagi anak kost ini sangat penting karena kamu jauh dari ortu. Disamping untuk mendapat pertolongan yang tepat juga dapat meminimalisir kemungkinan dampak buruk dari ayam tiren itu.

3. Setelah baikan usahakan makan-makanan yang fresh, atau kamu bisa masak sendiri. Dari pada harus keracunan lagi kan gak enak choyyy…!!

Dan sekarang aku udah sehat bisa beraktifitas dan bye-bye warung amakn berbahaya 😀

 

 

 

 

Leave a Reply

